-->
Searching...
Home → Latihan dan renungan beserta jawaban

Latihan dan renungan beserta jawaban

Sunday, April 26, 2015
     assalamualaikum sahabat, gimana kabarnya?? sehat?? sakit?? ato gila :D wkwkw maaf cuman bercanda hehehe, kali ini di postingan kali ini mari kita belajar latihan jawab soal aja dah biar nambah wawasan kita, berikut Dari Perpustaka'an Alvictory edan's  :
Latihan dan renungan beserta jawaban yang saya istimewakan buat sahabat semua :) tanpa panjang lebar berkata, silahkan disantap dan semoga bermanfa'at :D


1.      Apa esensi peningkatan kompetensi guru ?
Jawab :
·         Esensi peningkatan kompetensi guru berfokus pada peningkatan dan penyesuaian kompetensinya agar mampu mengembangkan dan menyajikan materi pelajaran yang actual dengan menggunakan berbagai pendekatan , metoda , teknologi pembelajaran terkini.
·         Reformasi pendidikan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional , Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen dan peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan menuntut reformasi guru untuk memiliki tingkat kompetensi yang lebih tinggi , baik kompetensi pedagonik , kepribadian , professional , maupun social.
2.      Sebutkan jenis-jenis kompetensi yang harus dimiliki oleh guru ?
Jawab :
Jenis-jenis kompetensi yang harus dimiliki oleh guru adalah :
a.      Kompetensi Pedagonik ,
b.      Kompetensi Kepribadian ,
c.       Kompetensi Sosial , dan
d.      Kompetensi Profesional.
3.      Buatlah penjelasan ringkas
 mengenai keterkaitan masing-masing jenis kompetensi guru !
Jawab :
Penjelasan ringkas mengenai keterkaitan masing-masing kompetensi guru :
a.      Kompetensi Pedagonik
Yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru berkenaan dengan karakteristik peserta didik dilihat dari berbagai aspek fisik , moral , social , cultural , emosional dan intelektual.
Kemampuan yang harus dimiliki guru berkenaan dengan aspek-aspek yang diamati , yaitu :
1).  Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik dari aspek fisik , moral , social , cultural , emosional dan intelektual.
2). Penguasaan terhadap teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
3). Mampu mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
4). Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik.
5). Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.
6). Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
7). Berkomunikasi secara efektif , empatik , dan santun dengan peserta didik.
8). Melakukan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar , memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
9). Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
b.      Kompetensi Kepribadian
Aspek-aspek yang diamati :
1)      Bertindak sesuai dengan norma agama , hokum , social , dan kebudayaan nasional Indonesia.
2)      Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur , berakhlak mulia , dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
3)      Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap , stabil , dewasa , arif dan berwibawa.
4)      Menunjukan etos kerja , tanggung jawab yang tinggi , rasa bangga menjadi gur , dan rasa percaya diri.
5)      Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
c.       Kompetensi Sosial
Criteria kinerja guru dalam kaitannya dengan kompetensi social disajikan sebagai berikut :
1)      Bertindak objektif serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin , agama , ras , kondisi fisik , latar belakang keluarga , dan status social ekonomi.
2)      Berkomonikasi secara efektif , empatik , dan santun dengan sesame pendidik , tenaga kependidikan , orang tua dan masyarakat.
3)      Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia.
4)      Berkomunikasi dengan komonitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lsin.
d.      Kompetensi Profesional
Apek-aspek yang diamati :
1)      Menguasai materi , struktur , konsep , dan pola piker keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
2)      Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
3)      Mengembangkan mata pelajaran yang diampu secara kreatif.
4)      Mengembangkan keprofesian secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
5)      Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi mengembangankan diri.
4.      Sebutkan beberapa prinsip peningkatan kompetensi guru !
Jawab :
Prinsip peningkatan kompetensi guru yaitu :
a.      Prinsip-prinsip Umum , dan
b.      Prinsip-prinsip Khusus.
5.      Apa yang dimaksud dengan pengembangan keprofesian guru secara berkelanjutan ?
Jawab :
Pengembangan keprofesian guru secara berkelanjutan merupakan guru yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan proses pembelajaran dan mutu peserta didik serta guru yang memiliki golongan kepangkatan III/a dengan melakukan pengembangan diri dan golongan III/b wajib melakukan publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif dan golongan kepangkatan IV/c ke IV/d guru wajib melakukan presentasi ilmiah.
6.      Sebutkan jenis-jenis program peningkatan kompetensi guru !
Jawab :
jenis-jenis program peningkatan kompetensi guru :
1.      Pendidikan dan Pelatihan meliputi ;
a)      Inhouse training ( IHT ) ,
b)      Program magang ,
c)      Kemitraan sekolah ,
d)      Belajar jarak jauh ,
e)      Pelatihan berjenjang dan pelatihan khusus ,
f)        Kursus singkat di LPTK ,
g)      Pembinaan internal oleh sekolah , dan
h)      Pendidikan lanjut.
2.      Kegiatan selain pendidikan dan pelatihan meliputi ;
a)      Diskusi masalah pendidikan ,
b)      Seminar ,
c)      Workshop ,
d)      Penelitian ,
e)      Penulisan buku/bahan ajar ,
f)        Pembuatan media pembelajaran , dan
g)      Pembuatan karya teknologi/karya seni.
7.      Apa esensi uji kompetensi guru ?
Jawab :
Esensi uji kompetensi guru yaitu berfokus pada keempat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu kompetensi pedagonik , kepribadian , social , dan kompetensi professional.
8.      Apa dampak ikutan hasil uji kompetensi bagi guru ?
Jawab :
Dampak ikutan hasil uji kompetensi bagi guru :
a.      Merugikan diri sendiri dan pihak lain ,
b.      Merusak kualitas/mutu profesi guru ,
c.       Penilaian dan evaluasi dari uji kompetensi tersebut tidak sah , tidak adil sehingga melanggar aturan norma.

cukup sampai disini dulu ya kang ngantuk berat ini soalnya hehehe semoga saja  postingan mengenai  Latihan dan renungan beserta jawaban dari Perpustaka'an alvictory edan's dapat menambah pengetahuan kalian semua, dan semoga bermanfa'at :) amiiinnn.........
Advertise Here
http://alvictoryedans.blogspot.co.id/
300x250

0 Komentar Untuk "Latihan dan renungan beserta jawaban"

Terimakasih atas komentar Anda di "Latihan dan renungan beserta jawaban"